Antara Usaha dan Hobi

Hidup penuh dengan pilihan, pilihan untuk maju/berkembang, pilihan bertaqwa, pilihan belajar/mengasah kemampuan dan masih banyak lagi pilihan yang harus dipilih dan dijalani dalam hidup ini.

Layaknya seorang khalifah bagi diri sendiri hidup ini harus terus ditempah untuk hidup yang lebih baik dan maju kedepannya. Sebagai kepala keluarga harus betul-betul mengerti dalam hal memilih pilihan yang tepat untuk diri sendiri dan kebaikan bagi yang menjadi harus dibimbing. 

Menjadi pengusaha adalah pilihan yang tepat bagi saya pribadi, pengusaha yang berdiri dari titik nol dimana semua harus saya bangun dari dasar dengan beberapa kepercayaan orang-orang yang ada dalam kehidupan saya. Saat ini saya menjalani hidup sebagai pegusaha pedagang sepatu ini saya awali dari modal patungan beberapa orang (tidak termasuk saya karena saya punya modal nol), orang yang mencintai saya dan menginginkan saya untuk maju sehingga menaruh harapan besar agar saya bisa maju melalu jalur pedagang. Lama terpendam keingin menjadi pengusaha, hampir setahun ini baru bisa saya wujudkan.

Setelah menjalani berbagai profesi dari kuli bangunan, penambang tanah timbun, penambang pasir, penjaga toko sampai menjadi pelayan di warung makan. Banyak hal bisa dijadikan pelajaran dari pengalaman lintas profesi. Kini berdiri sendiri dengan kepercayaan modal (walau kecil) dari orang-orang yang mencintai saya yang patut saya sanjung dengan bantuan mereka saya bisa mewujudkan impian saya, namun sanjung yang lebih tinggi hanya kepada Allah S.W.T yang maha besar anugerah dari-Nya saya bisa berdiri sekarang.  

Hidup yang sudah ditempah dari kecil untuk selalu kuat menjalani hidup menjadi sumber kekuatan yang selalu bisa menguatkan disetiap menapaki kehidupan. Masa kecil menyukai barang-barang elektronik walau hanya punya radio butut yang bisa selalu dirusakin. Punya impian masuk SMK Elektro harus pupus dengan ketiadaan biaya. Beranjak dewasa hobi itu beralih ke dunia komputer.

Kembali ke masalah usaha, sebagai pedagang sepatu kecil banyak hal sukar dan ceria didapatkan. Sukar disaat pembeli lagi sepi harus memikirkan setoran untuk para pemasok sepatu dan ceria saat bisa menyetor setoran ke pemasok sepatu. Sebenarnya adahal yang lebih besar dibalik semua itu, besarnya kesabaran yang harus diperbanyak serta terjalnya perjuangan yang harus dilalui dengan kesabaran penuh. Namanya juga hidup, hidup butuh pengorbanan dan perjuangan :) .

Hobi didunia komputer dalam hal GNU/Linux, hobi ini selalu ada disela-sela aktivitas berdagang. Hobi yang harus betul-betul diperankan dengan pilihan yang betul-betul tepat sebagai batu loncatan dalam hal dunia Informasi Teknologi sebagai wawasan dan pengetahuan serta kecakapan untuk terus bisa berguna bagi perkembangan IT di tanah air. Punya segudang impian di dunia IT yang mungkin kini belum bisa di genggam, pembelajaran harus tetap ada dan berlanjut tak boleh putus di persimpangan jalan. 

Hobi bisa mendatangkan kesenangan tersendiri, bisa membuat hidup bahagia. Pilhan untuk maju tidak boleh di satu bidang, paling tidak ada dua bidang pilihan yang harus tetap diwujudkan. Semangat untuk berkembang dan maju harus tetap berkobar tidak boleh redup sedikitpun.

Mungkin saat ini baru sanggup menjadi pedagang kecil, insyaAllah harapan kedepan bisa menjadi pengusaha di berbagai bidang (harapan itu masih tetap ada).


Terima kasih untuk orang-orang tersayang yang mempercayai saya untuk tetap maju. Terkhusus untuk adik yang tersayang, jadilah selalu yang terbaik karena dirimu adalah api semangat terbesar dalam hidup saya. Impian membuat dirimu menjadi orang berpendidikan hampir terwujud, kini impian itu hampir berada di puncak. Tetaplah semangat karena bola api itu ada dalam genggaman tanganmu.


B. Aceh, 29 Desember 2012
Mahyuddin Idram Ahmad  


Previous
Next Post »
Thanks for your comment